TA Perancangan Buku Pedoman Konsumen Cerdas dengan Teknik Komik Strip Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Remaja di Kota Surabaya
Daftar Isi:
- Kecenderungan remaja yang senang mengikuti trend baru, membuat mereka tertarik untuk membeli barang-barang diluar kebutuhannya, melainkan berdasarkan keinginan. Sikap ini yang kemudian menumbuhkan budaya konsumtif pada remaja, yang tanpa diimbangi kehati-hatian sebelum membeli. Oleh karenanya, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan kecurangan. Agar tidak selalu menjadi korban, remaja perlu didekatkan dengan suatu media untuk mengajak mereka sadar perlunya menjadi konsumen cerdas melalui suatu buku pedoman konsumen cerdas. Tujuan dari perancangan buku pedoman konsumen cerdas ini adalah untuk memberikan edukasi kepada remaja di kota Surabaya khususnya, agar lebih berhati-hati sebelum membeli. Dalam menjadi konsumen, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum menikmati ataupun menggunakan barang atau jasa yang kita beli. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi eksisting dan studi literatur. Hasil analisis data, kemudian di reduksi untuk menemukan kata kunci yang mengarah pada strategi komunikasi buku pedoman yang akan digunakan. Dengan mengangkat “Intellegent” sebagai kata kunci yang berhasil ditemukan, kata “Intellegent” diartikan sebagai cerdas atau pandai.”Intellegent” digunakan untuk memberikan gambaran bagaimana menjadi konsumen yang cerdas melalui sebuah buku pedoman yang dikemas dengan teknik komik strip. Hasil dari perancangan buku pedoman konsumen cerdas dan implementasi medianya sudah memuat unsur-unsur informatif dan edukatif mengenai konsumen cerdas dengan konsep Intellegent, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran remaja di kota Surabaya agar lebih bertanggung jawab dan semakin cerdas sebagai konsumen.