TA Rancang Bangun Aplikasi Jasa Pengiriman Paket Online Berbasis Android pada PT Pos Indonesia
Daftar Isi:
- PT Pos Indonesia (persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Seluruh layanan termasuk jasa kurir atau pengiriman barang sudah dilakukan dengan aplikasi intranet dan terintegrasi. Perkembangan jasa kurir yang pesat di Indonesia membuat PT Pos Indonesia harus menghadapi persaingan yang ketat. Pengembangan layanan kepada pelanggan merupakan hal yang harus dilakukan agar PT Pos Indonesia tetap menjadi pilihan utama pelanggan dalam melakukan pengiriman. Banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi internet dan smartphone memungkinkan layanan baru untuk melakukan pengiriman secara online melalui smartphone. Berawal dari peluang diatas, maka dilakukan rancang bangun aplikasi pengiriman paket online berbasis android yang mampu memberikan layanan baru kepada pelanggan PT Pos Indonesia, yaitu memberikan fitur layanan seperti pengiriman paket tanpa harus ke kantor pos, mengetahui adanya pesanan pengiriman bagi agen pos, dan memberikan arahan kepada kurir pos dalam pengambilan paket. Sistem ini menghasilkan laporan daftar pelanggan, laporan rekap pelanggan per propinsi, laporan daftar pengiriman paket secara online, dan laporan hasil pembayaran.