Daftar Isi:
  • Kantor Kecamatan Candi merupakan sebuah lembaga yang berada di bawah Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo dan memiliki fungsi untuk meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat desa atau kelurahan. Pengolahan surat menyurat merupakan program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian yang menjadi pokok bahasan pada laporan ini. Saat ini, proses pencatatan surat masuk maupun pencatatan surat keluar masih menggunakan buku besar. Permasalahan yang sering didapati yakni sering terselipnya surat, penyimpanan arsip surat yang kurang memadai mengakibatkan kemungkinan hilangnya surat, pencarian data surat memerlukan waktu yang lama karena harus mencari secara manual. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuatlah aplikasi pencatatan surat masuk dan surat keluar pada kantor Kecamatan Candi. Berdasarkan uji coba yang telah dilaksanakan dengan pihak Kantor Kecamatan Candi, aplikasi ini dapat menangani proses pencatatan surat masuk dan surat keluar, pendisposisian surat, dan pengiriman disposisi dapat dilakukan dengan cepat, pembuatan surat keluar, pencarian data surat, pembuatan laporan surat masuk dan keluar, serta penyimpanan yang menggunakan database dapat menghindari hilangnya data surat yang telah tercatat.