PA Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Bagian Sekretariat Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut Dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Access
Daftar Isi:
- Pada Bagian Sekretariat merupakan salah satu bagian/divisi yang ada di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut. Salah satu tugas pada Bagian Sekretariat yaitu surat-menyurat. Surat-menyurat tersebut ditangani oleh 2 orang Admin Ur-Agenda yang masing-masing menangani surat masuk dan surat keluar. Pengelolaan surat-menyurat masih dilakukan secara manual dengan bantuan pencatatan pada buku jurnal surat masuk dan surat keluar. Pada pencatatan tersebut yang dicantumkan hanya tanggal masuk/tanggal keluar, nomor surat, pengirim/penerima dan perihal. Surat masuk selesai dicatat dalam buku jurnal setelah itu diberi lembar disposisi untuk didisposisikan, sedangkan surat keluar tidak menggunakan disposisi. Akibatnya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penanganan surat masuk dan surat keluar. Maka dari itu dibuatlah pengelolaan surat secara terkomputerisasi dengan menggunakan aplikasi Microsoft Access. Dengan adanya aplikasi ini, dapat mempermudah pengelolaan dan pencatatan surat masuk dan surat keluar. Sehingga kinerja staf Bagian Sekretariat dalam mengolah surat dapat dilakukan secara lebih baik dan efisien.