Daftar Isi:
  • Aparatur pemerintah memberikan pelayanan publik kepada masyarakat sehingga sangat strategis untuk menentukan sejauhmana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat dan sejauhmana negara telah menjalankan perannya dengan baik sesuai dengan tujuan pendiriannya. Salah satunya perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Aparatur Pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat masih banyak kelemahan. Hal ini ditandai dengan masih adanya berbagai keluhan mayarakat yang disampaikan melalui media massa dan secara perorangan. Selain itu Aparatur Pemerintah mengalami kehilangan berkas dari hasil survey masyarakat sehingga menimbulkan data tidak valid, kesalahan perhitungan data ataupun arsip yang berantakan sehingga dapat mengakibatkan data indeks kepuasan masyarakat dan keluhan masyarakat hilang dan tidak dapat dilakukannya evaluasi terhadap kinerja petugas layanan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik maka dibuatlah rancang bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk mengelolah pendaftaran, perhitungan indeks kepuasan masyarakat, perhitungan pengaduan keluhan masyarakat dan tindak lanjut pengaduan keluhan masyarakat. Aplikasi ini dapat menghasilkan laporan transaksi. Setelah menerapkan sistem ini maka proses perhitungan indeks kepuassan masyarakat dan pengaduan keluhan masyarakat di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Jawa Timur dapat menghasilkan data yang akurat. Sehingga dengan mengetahui jumlah IKM dan keluhan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Jawa Timur.