Daftar Isi:
  • Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi (PPTI) masih mempunyai masalah yaitu belum mempunyai mekanisme mengelola hubungan antara penyedia layanan dengan pengguna dan customer portfolio yang berfungsi mengoptimasi performa PPTI. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan mengacu pada standar yang dimiliki oleh Information Technology Infrastructure Library v3 (ITIL v3) yaitu service strategy karena standar ITIL berfungsi untuk menyelaraskan pelayanan TI dengan kebutuhan bisnis perusahaan Proses perencanaan business relationship management ini mengacu pada proses service strategy nomor lima yaitu business relationship management yang terdiri dari perumusan customer portfolio dan perumusan mekanisme hubungan. Penelitian ini menghasilkan dokumen Service Portfolio menghasilkan dokumen customer portfolio yang berisi siapa saja pengguna layanan, standar sosialisasi, pelatihan, dan penanganan keluhan untuk mempermudah masalah yang dihadapi. Setelah itu, Prosedur sosialisasi, pelatihan, dan penanganan keluhan untuk langkah-langkah yang harus dilakukan PPTI untuk melakukan kegiatan tersebut, selain itu, kebijakan sosialisasi, pelatihan dan penanganan keluhan untuk aturan yang ditetapkan dalam pelaksanaan kegiatan yang nantinya dokumen tersebut akan digunakan untuk pihak PPTI.