Daftar Isi:
  • Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan, salah satu jasa yang dilakukan oleh PMI adalah penanganan bencana. Apabila terjadi bencana, Palang Merah Indonesia akan memberangkatkan tim SATGANA. Tim yang diberangkatkan harus membuat laporan atas bencana yang telah terjadi. tim SATGANA tidak termonitor dengan baik, untuk surat tugas seringkali terlambat untuk diberikan, dan assessment yang seharusnya segera dilaporkan setidaknya 30 menit setelah sampai di lokasi, sering mengalami keterlambatan atau bahkan tidak diberikan. Masalah lain yang timbul yaitu belum adanya sistem yang memberikan informasi untuk PMI mengenai dari setiap laporan yang ditulis, sehingga laporan tidak tersimpan dengan baik, dan banyak beberapa laporan yang hilang ataupun rusak. Berdasarkan permasalahan di atas, dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu mempermudah proses monitoring bagi pihak PMI. Selain itu juga dibutuhkan sistem yang membantu pihak PMI untuk pembuatan laporan-laporan bencana yang terjadi. Sistem yang dibuat dikembangkan menggunakan metode Waterfall. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, sistem ini dapat memenuhi kebutuhan pada PMI Kota Surabaya dalam proses melakukan berita bencana, monitoring tim SATGANA dan mengolah laporan-laporan bencana.