Daftar Isi:
  • Pusat Pengawasan dan Penjaminan Mutu (P3M) adalah sebuah unit kerja yang secara khusus bertugas untuk menyiapkan, merencanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Saat ini pihak P3M mengalami beberapa kendala dalam pengelolaan dokumen. Hal itu disebabkan karena dalam pengelolaan dokumen seperti penyusunan, penomoran, pengesahan, penerbitan, dan perevisian dokumen masih dilakukan secara manual. Hal tersebut menyebabkan banyak waktu yang terbuang, terjadi penumpukan berkas dokumen dan proses distribusi dokumen yang terlambat karena perbedaan jadwal untuk koordinasi dengan para unit kerja terkait. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah rancang bangun aplikasi pengelolaan dokumen SPMI berbasis web yang berisi proses penyusunan, persetujuan, pengesahan dan perevisian dokumen. Aplikasi ini dapat menghasilkan laporan jumlah dokumen standar per unit kerja dan laporan dokumen standar yang dimiliki berdasarkan kategori. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi pengelolaan dokumen SPMI berbasis web ini menghasilkan dokumen standar yang sudah disahkan, laporan jumlah dokumen per unit kerja dan laporan jumlah dokumen berdasarkan kategori. Aplikasi pengelolaan dokumen SPMI berbasis web di Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja oleh pihak yang membutuhkan.