Daftar Isi:
  • Sistem pencatatan barang masuk, mutasi barang, dan pengajuan order ulang barang persediaan pada Gudang PT. Telkom Akses Surabaya masih menggunakan sistem manual. Permasalahan yang terjadi adalah tidak adanya sistem yang menyimpan bukti maupun arsip untuk riwayat permintaan barang, pengajuan order ulang barang tidak tepat yang disebabkan perhitungan dilakukan dengan menggunakan perkiraan petugas gudang sehingga mengakibatkan kekosongan persediaan karena barang yang dipesan belum datang. Dengan diimplementasikannya sistem ini maka diharapkan aplikasi dapat digunakan untuk mengelola barang masuk, barang keluar, dan pengajuan order ulang barang, sehingga persediaan barang pada Gudang PT. Telkom Akses Surabaya dapat berjalan secara maksimal dan tidak mengalami kekosongan persediaan barang. Sistem ini juga dapat mencetak form permintaan barang yang dapat digunakan sebagai arsip gudang. Diharapkan gudang tidak lagi mengalami kekosongan persediaan barang serta laporan yang dihasilkan tertata dengan rapi dan akurat. Setelah dilakukan analisis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi mampu mengatasi masalah penerimaan dan pengeluaran barang terhadap permintaan mitra, aplikasi dapat membantu menentukan titik pemesanan kembali berdasarkan persediaan yang tersedia pada gudang, aplikasi ini mampu memberikan peringatan jika persediaan telah melewati titik pemesanan barang dan mampu memberikan daftar pengajuan order barang yang telah melewati batas pemesanan barang pada gudang.