Daftar Isi:
  • Divisi Sistem Manajemen & Informasi (SMI) merupakan divisi yang mempunyai tanggung jawab dalam memelihara dan menjaga perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang ada pada PELINDO III Cabang Tanjung Perak agar dapat berjalan dengan baik. Dalam menangani setiap permasalahan mengenai perangkat TIK, divisi SMI mengalami kendala dalam hal menerima informasi keluhan dan melakukan penugasan untuk menangani permasalahan tersebut. Kendala yang mempersulit kegiatan operasional divisi SMI tersebut dapat menyebabkan terganggunya proses bisnis dari perusahaan. Dari permasalahan tersebut dibuatlah sistem informasi IT Helpdesk dengan memperhatikan prioritas kerja dalam penanganannya yang dapat memberikan helpdesk solution. Prioritas dari permasalahan ditentukan dengan mengadopsi metode delbeq dan untuk menunjang informasi bagi pihak manajemen, sistem memberikan informasi mengenai nilai MTTR, MTBF, reliability dan availability perangkat TIK. Dari hasil evaluasi sistem yang dilakukan, sistem mampu memberikan fasilitas pelaporan permasalahan, memberikan saran penugasan yang diinformasikan melalui SMS (SMS Gateway), memberikan informasi mengenai permasalahan, memberikan informasi MTTR, MTBF, availability dan reliability.