Daftar Isi:
  • Bagian Kesekretariatan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Timur bertugas untuk mengelola surat masuk maupun surat keluar. Surat merupakan hal terpenting dalam sebuah perusahaan maupun organisasi, sehingga pengelolaan surat yang baik sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan. Pengelolaan surat yang dilakukan pada PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Timur masih menggunakan cara manual sehingga membutuhkan waktu lama untuk mencarinya. Pengelolaan surat pada PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Timur terdiri dari surat masuk, surat keluar, dan nota dinas. Surat masuk dibagi menjadi dua bagian, yaitu surat masuk rutin dan surat masuk tidak rutin. Surat keluar merupakan surat balasan surat masuk tidak rutin yang diterima oleh PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Timur. Pengelolaan surat yang baik juga dapat mempengaruhi cara penyimpanan arsip surat. Laporan ini menjelaskan tentang sistem pengelolaan surat dan pemanfaatan Microsoft Access dalam pengelolaan surat. Microsoft Access memberikan solusi untuk menghemat waktu dalam pengelolaan dan pencarian surat. Dengan menggunaan aplikasi Microsoft Access, pengguna juga dapat membuat report dari surat yang sudah diterima.