PA Membuat Aplikasi Administrasi Perkantoran Menggunakan Microsoft Office Access Pada Biro SDM & Umum PT Garam (Persero) Kantor Direksi Surabaya
Daftar Isi:
- Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) adalah bagian yang berperan penting untuk keberlangsungan sumber daya manusia yang bekerja pada suatu perusahaan. Bagian SDM PT Garam (Persero) Surabaya melakukan pekerjaan administrasi perkantoran seperti menangani surat masuk dan surat keluar serta melakukan pengarsipan dokumen karyawan yang telah pensiun, meninggal atau resign. Dalam penanganan surat masuk yang sebelumnya menggunakan Microsoft Office Excel dirasa masih kurang efektif. Maka, Pembuatan Form dalam Aplikasi Microsoft Office Access digunakan untuk lebih mengefektifkan dalam penanganan surat masuk Bagian SDM dengan tampilan yang memudahkan untuk memasukkan data kedalamnya. Pembuatan form dalam Microsoft Office Access dibuat dengan cara: membuat table desain view dengan field name sesuai dengan yang dibutuhkan, mendesain warna dan tampilan form, menambahkan buttons yang dibutuhkan seperti: button next record, button previous record, button first record, button last record, button find record dan penambahan attachments pada form input-an dokumen. Hasil Pembuatan Form dalam Aplikasi Microsoft Office Access saat ini digunakan untuk menangani Administrasi Perkantoran yaitu penanganan surat masuk pada Bagian SDM PT Garam (Persero) Kantor Direksi Surabaya.