Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa pengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan, profesi dan organisasi. Salah satu organisasi yang terkena pengaruh besar atas hadirnya era digital ini adalah perpustakaan, yang merupakan organisasi nirlaba. Permasalahan terbesar yang dihadapi oleh perpustakaan di Stikom Surabaya adalah sepinya peminat untuk mengunjungi dan memanfaatkan koleksi buku perpustakaan. Banyak faktor yang ditengarai mempengaruhi kondisi tersebut yaitu kurang populernya perpustakaan, ketersediaan sumber informasi yang kurang memadai, fasilitas perpustakaan yang buruk, ketidak mampuan pustakawan dalam mengelola perpustakaan hingga masih minimnya budaya gemar membaca di kalangan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana teknik promosi dengan menggunakan konsep Integrated Marketing Communication (IMC) dapat diterapkan oleh perpustakaan guna mengatasi permasalahan sepinya peminat pada perpustakaan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, langkah-langkah dalam analisis datanya yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yang dapat dilakukan oleh perpustakaan guna memperkenalkan produk/jasanya antara lain dengan menyebarkan bulletin gratis secara rutin kepada mahasiswa, menjadi reference agent yang berkualitas, membentuk club sahabat perpustakaan, aktif mengadakan kegiatan CSR, aktif dalam kegiatan media sosial, memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dalam mengolah database perpustakaan serta secara aktif melakukan upgrade diri dalam peningkatan kualitas layanan, pengetahuan dan ketrampilan staf perpustakaan.