Daftar Isi:
  • Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi (PPTI) merupakan bagian di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (Stikom Surabaya) yang berperan penting menjamin jalannya Sistem dan Teknologi Informasi (STI) untuk mendukung jalannya proses bisnis pada Stikom Surabaya. Saat ini PPTI belum memiliki standar dalam mengelola layanan TI untuk mengetahui apakah layanan tersebut masih layak atau tidak untuk digunakan, hal tersebut karena PPTI belum memiliki IT service portfolio. Dengan adanya kendala tersebut PPTI tidak dapat mengetahui apakah layanan tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak sebagai upaya untuk melakukan evaluasi terhadap layanan TI. Solusi dalam permasalahan diatas yaitu, melakukan perencanaan service portfolio management berdasarkan standar ITIL versi 3. Bertujuan menghasilkan dokumen IT service portfolio yang menghasilkan rincian layanan TI serta pengelolaan layanan TI pada PPTI Stikom Surabaya. Hasil dari perencanaan service portfolio management ini berupa dokumen service portfolio yang berisi 10 layanan Retired services, 5 layanan Service Catalogue, dan 8 layanan Service Pipeline, serta dokumen standar review portofolio layanan, analisa investasi nilai dan prioritas, serta pengelolaan layanan TI dan dokumen prosedur review portofolio layanan, analisa investasi nilai dan prioritas, serta pengelolaan layanan TI.