Daftar Isi:
  • Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi (PPTI) merupakan salah satu bagian di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (Stikom Surabaya), PPTI berperan penting dalam menjamin jalannya Sistem dan Teknologi Informasi (STI) bagi setiap sivitas. Kondisi yang ada pada PPTI saat ini belum memiliki pola permintaan pengguna layanan TI sehingga PPTI tidak dapat memahami dan mengetahui pengaruh permintaan pengguna terhadap layanan dan ketersediaan kapasitas layanan dalam memenuhi permintaan tersebut. Solusi menghadapi permasalah tersebut, perlu dilakukannya perencanaan layanan IT untuk kebutuhan Demand Mangement for IT Service, proses ini memiliki tujuan untuk mengantisipasi dan mempengaruhi permintaan terhadap layanan IT pada PPTI. Dalam perencanaan Demand Management for IT Service, menggunakan standar Technology Infrastructure Library V3 (ITIL V3) khususnya pada Service Strategy yang di gunakan sebagai landasan untuk mendukung proses pengembangannya. Luaran dari hasil penelitian adalah telah dihasilkan 5 dokumen PBA, 14 dokumen UP, mekanisme pengelolaan permintaan pada layanan TI pada bagian PPTI berupa 1 dokumen kebijakan, serta 2 dokumen standard dan 2 dokumen prosedur untuk: 1) aktivitas pengelolaan permintaan berdasarkan aktivitas, 2) Aktivitas pembuatan penawaran layanan yang berbeda.