Daftar Isi:
  • Anak-anak kelompok usia 6-12 tahun merupakan usia yang rentan terhadap konsumsi makanan. Mereka cenderung jarang mengkonsumsi makanan yang sehat dan di anjurkan. Penyebab selain ketidaktahuan peran orang tua dalam pemilihan makanan sehat juga anak-anak yang cenderung memilih makanan yang disukai. Menurut tabel RISKESDAS (2013), kecenderungan konsumsi anak kurang makan sayur dan buah dalam seminggu mencapai 90,5% hanya untuk daerah Jawa Timur. Untuk mengetahui bagaimana mengenalkan makanan sehat terhadap usia anak-anak maka dilakukan observasi di sebuah taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) lingkup kota Surabaya. Di tingkat taman kanak-kanak (TK) cara mengenalkan makanan melalui sentra memasak sedangkan untuk Sekolah Dasar lebih menggunakan buku Tematik. Namun, konten di dalam keduanya dirasa kurang karena materi yang diajarkan cenderung sama. Untuk itu, dibuat sebuah game bergenre kasual edukasi berbasis 2D android. Game ini didesain dengan konten sayur, buah, lauk-pauk dan karbohidrat. Dari hasil pengujian kuesioner pengguna terhadap aplikasi maka diperoleh peningkatan sebesar 2,3% setelah menggunakan aplikasi game Mohares.