Daftar Isi:
  • CV. Gemilang Indonesia (GI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Permasalahan yang ada pada CV. GI ada pada pemasaran yang tidak memuat semua konten CV. GI pada kaskus dan blogger. Permasalahan selanjutnaya pada pemesanan dan pembayaran pelanggan dilakukan pencatatan pada buku yang dibuat secara khusus oleh perusahaan, dan secara internal pemilik perusahaan belum mendapatkan laporan terkait dengan penjualan. Berdasarkan permasalahan yang ada, dibuat sistem informasi penjualan berbasis web. Sistem informasi penjualan ini memiliki fungsi menyimpan data yang diperlukan, menghasilkan informasi dan laporan terkait dengan penjualan. Sistem informasi penjualan ini juga memberikan notifikasi melalui e-mail kepada pelanggan, dan memberikan notifikasi kepada bagian administrasi. Berdasarkan hasil uji coba, sistem informasi penjualan menghasilkan dua keluaran yaitu laporan dan notifikasi. Laporan yang dihasilkan adalah rekap pemesanan, rekap penagihan, laporan produk paling banyak dipesan, laporan penjualan produk per periode, laporan lima produk terlaris per periode, laporan volume penjualan per produk per periode, laporan pemasukan produk per periode, laporan lima pelanggan dengan kontribusi terbesar serta laporan pembayaran tunai dan kredit. Notifikasi yang dihasilkan adalah notifikasi pendaftaran beserta kode verifikasi akun, notifikasi pemesanan, notifikasi pembayaran, notifikasi penagihan, notifikasi pelunasan dan notifikasi pesanan selesai.