Daftar Isi:
  • Proses bisnis perjalanan dinas yang berjalan pada PTPN XII saat ini ditemukan beberapa permasalahan yaitu adanya penyalahgunaan perjalanan dinas, keterlambatan pembuatan dokumen, kesalahan perhitungan, lamanya pencarian surat permintaan pembayaran uang muka, tidak adanya pembuatan laporan mengenai penggunaan biaya perjalanan dinas serta histori perjalanan dinas yang dilakukan karyawan. Sistem Informasi perjalanan dinas adalah sistem yang dibuat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada perjalanan dinas PTPN XII. Sistem ini dibuat berdasarkan teori perjalanan dinas, anggaran dan berbagai teori pengembangan sistem. Berdasarkan analisa sistem, sistem ini memiliki 22 fungsi utama yang mampu mengatasi permasalahan yang ada. Beberapa fungsi yang disediakan pada sistem tersebut adalah mengelola data biaya perjalanan dinas, pengajuan, persetujuan, dan menghitung perjalanan dinas, peringatan pengerjaan dokumen dan pembuatan dokumen, laporan dan grafik. Sistem informasi yang dibuat mampu mengatasi permasalahan yang terjadi pada perjalan dinas PTPN XII. Sistem informasi ini dapat menghasilkan dokumen-dokumen perjalanan dinas, pengingat pengerjaan perjalanan dinas dengan sms dan email, dapat menghasilkan laporan histori perjalanan dinas karyawan, perbandingan jumlah pengajuan dan biaya yang dikeluarkan, serta laporan anggaran.