Daftar Isi:
  • Salesman memiliki peran yang penting dalam proses bisnis perusahaan CV. Dwi Star. Pekerjaan salesman yaitu melakukan pengorderan produk, menawarkan produk, menagih hutang, dan mencari pelanggan baru. Terdapat permasalahan dan kendala saat salesman melakukan kunjungan pelanggan. Salesman tidak dapat memastikan harga produk yang tertera pada katalog karena harga tersebut sewatu-waktu dapat berubah tanpa ada pemberitahuan. Hal ini mengakibatkan kekecewaan pelanggan karena terdapat perbedaan harga yang ditawarkan dan pada saat penagihan hutang. Salesman juga tidak dapat memberikan sales order saat itu juga pada admin yang mengakibatkan tertundanya sales order sehingga membuat proses pengiriman barang kepada pelanggan menjadi lama. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penulis membuat sistem informasi operasional salesman berbasis android yang dapat membantu kinerja salesman. Sistem informasi akan membantu kinerja operasional salesman dalam menawarkan produk yaitu menghasilkan katalog produk dan membantu dalam melakukan sales order saat itu juga dan mengirimkan data tersebut melalui email. data sales order yang dikirimkan saat itu juga. Selain itu membantu salesman dapat melakukan penagihan hutang saat itu juga jika terdapat penambahan tagihan hutang., penambahan, dan daftar penagihan. Sistem informasi operasional salesman berbasis android pada CV. Dwi Star ini memberikan informasi yang diperlukan oleh salesman. Adapun informasi yang dihasilkan adalah informasi rekam jejak sales order, informasi rekam jejak pembayaran hutang, dan informasi pelanggan baru.