Daftar Isi:
  • Iklan merupakan pendapatan terbesar dari bisnis media cetak Jawa Pos. Permasalahan pemasangan iklan yang muncul antara lain karena proses pemasangan iklan yang menyulitkan pelanggan, proses pengelolaan iklan yang menyulitkan bagian internal Jawa Pos dan penyediaan laporan terkait pengelolaan iklan yang kurang informatif dan tidak realtime. Hal ini menyebabkan penurunan pelanggan sejumlah 7% hingga 10% setiap harinya. Untuk dapat mengatasi masalah terkait pengelolaan iklan maka dibuat aplikasi pengelolaan bisnis iklan. Aplikasi yang dibuat meliputi pemasangan iklan, pengelolaan iklan dan penyediaan laporan iklan untuk pihak manajemen Jawa Pos. Hasil uji menunjukkan aplikasi pengelolaan bisnis iklan yang dibuat dapat membantu memudahkan pelanggan untuk memasang iklan. Dengan adanya layanan pengelolaan iklan online yang menghubungkan pelanggan, petugas layout dan traffic order maka proses pengelolaan iklan dapat dengan mudah dilakukan. Selain itu dengan adanya layanan penyediaan laporan secara online maka manajemen dapat dengan mudah mengakses dan memantau perkembangan bisnis iklan Jawa Pos melalui laporan pendapatan regional, laporan pendapatan nasional laporan iklan terlaris, laporan order terbanyak, laporan hari muat terbanyak dan laporan order batal.