Daftar Isi:
  • Kegiatan utama pada PT Eloda Mitra sudah menggunakan aplikasi dalam kegiatan sehari-hari, namun aplikasi tersebut masih berdasarkan setiap bagian. Hal ini akan menyebabkan proses bisnis menjadi tidak terkontrol dan data di setiap bagian menjadi tidak terintegrasi. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan pada PT. Eloda Mitra yaitu dengan cara membuat perencanaan strategis dengan Metode Anita Casidy, dimana didalam perencanaan tersebut dimulai dari hulu hingga hilir proses bisnis perusahaan. Metode Anita Casidy memiliki 4 (empat) tahapan yaitu visioning, analysis, direction, recommendation, untuk hasil yang akan didapatkan yaitu IS strategy, IT strategy dan IT management. Berdasarkan dari penelitian didapatkan strategi IS yaitu melakukan perbaikan sistem pemesanan vendor dengan memanfaatkan STI yang dikembangkan, membuat layanan complain costumer, membuat sistem keamanan data STI, melakukan perbaikan sistem pada SDM perusahaan dari hal perekrutan SDM staff baru hingga pembuatan SOP pekerjaan dan melakukan update pada website perusahaan,. Selain itu didapatkan juga strategi IT yaitu menerapkan sistem manajemen perbaikan alat untuk meningkatkan pengelolaan jaringan, meningkatkan kegiatan clustering dan SANs, meninjau desain dan penggunaan pusat data untuk memastikan pemakaian yang hemat, menggunakan PDA dalam proses bisnisnya. IT Management untuk mendukung strategi SI dan TI yaitu menyusun pengelolaan SDM untuk semua perencanaan serta melakukan pelatihan SDM.