TA Perencanaan Availability Management For IT Services Pada PPTI Stikom Surabaya Menggunakan ITIL V3
Daftar Isi:
- Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi (PPTI) merupakan bagian dari Stikom Surabaya yang memilki peran penting dalam menjamin jalannya Sistem dan Teknologi Informasi (STI) bagi setiap sivitas. Keluhan yang sedang dihadapi adalah pihak PPTI masih belum mempunyai mekanisme pengelolaan ketersediaan layanan apa saja yang harus mereka berikan dan tingkatkan. Hal ini menyebabkan proses identifikasi dan pengukuran realisasi ketersediaan layanan TI di PPTI Stikom Surabaya menjadi kurang maksimal di faktor pendukung ketersediaan seperti keandalan (realiability), kemudahan pemeliharaan (maintainability), dan kemudahaan perbaikan (service ability). Untuk mengatasi masalah tersebut dan sekaligus meningkatkan ketersediaan maka dalam penelitian ini digunakan Availability Management dari ITIL v3. Dalam ITIL disediakan panduan terbaik bagaimana mengatur dan meningkatkan kinerja layanan. Proses yang dilakukan adalah bagian dari reactive activities dan proactive activities. Availability Management yang dibuat berupa informasi ketersediaan dan rencana peningkatan ketersediaan layanan TI yang menghasilkan dokumen Availability Plan serta hasil dari mekanisme monitoring, evaluasi, pengelolaan, dan pelaporan kondisi layanan STI yang berupa dokumen-dokumen Standar Service Availability, Kebijakan Availability Management, dan SOP Recovery For Availability.