TA Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Pada Gading Murni Putra
Daftar Isi:
- Gading Murni Putra adalah salah satu perusahaan yang mempunyai bidang usaha utama di sektor perdagangan alat tulis dan perlengkapan kantor/sekolah dan percetakan. Selama ini Gading Murni Putra hanya memiliki satu sistem informasi yang mencatat seluruh transaksi secara langsung dan online (email, livechat, telepon), sehingga pencatatannya tercampur menjadi satu. Selain itu, transaksi yang terjadi setiap hari hanya dicatat dan tidak diolah menjadi suatu informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah sistem informasi penjualan. Dalam sistem ini terdapat beberapa proses yaitu proses penerimaan pesanan, proses transaksi penjualan, dan proses penerimaan barang. Pada proses penerimaan pesanan dan transaksi penjualan dapat dibedakan untuk transaksi langsung atau online (email, livechat, telepon). Sistem informasi ini dapat menghasilkan laporan barang yang paling laku dan kurang laku, laporan barang yang paling menguntungkan perusahaan, laporan history pelanggan, dan laporan pemetaan pelanggan. Laporan untuk barang yang paling laku dan kurang laku dan laporan untuk barang yang paling menguntungkan dapat dipisahkan berdasarkan jenis transaksinya secara langsung atau online (email, livechat, telepon). Sistem informasi yang dibuat dapat digunakan oleh manajer untuk mengevaluasi penjualan pada masing-masing transaksi langsung dan online (email, livechat, telepon). Selain itu sistem juga dapat digunakan manajer untuk melihat informasi tentang pelanggan.