Daftar Isi:
  • Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional II adalah unit organisasi pemerintahan. Untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok tersebut BKN KanReg II menggunakan sistem informasi dalam bentuk website. Akan tetapi minat pengunjung website BKN KanReg II sangat kurang dari harapan, dapat dilihat sampai dengan tanggal 11 februari 2016 dengan rata-rata 150 kunjungan per minggu. Hal ini tidak sesuai dengan target kepala seksi pemanfaatan teknologi informasi BKN KanReg II dengan target sebanyak 350 kunjungan per minggu. Pihak BKN KanReg II belum pernah melakukan evaluasi terhadap website yang dimiliki dalam segi kualitas. Proses evaluasi menggunakan metode WebQual 4.0 untuk pengukuran kualitas website BKN KanReg II. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Usability Quality, Information Quality, Interaction Quality, dan variabel Website Quality. Populasi yang digunakan adalah pegawai BKN KanReg II dan Disnaker dengan sampel yg digunakan sebanyak 161 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan variabel Usability Quality memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan variabel Information Quality dan variabel Interaction Quality dengan nilai t hitung sebesar 3,241. Rekomendasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah BKN KanReg II lebih meningkatkan website dalam segi kegunaan (usability), agar mendapatkan kualitas website yang lebih baik.