TA Pembuatan Manajemen Katalog Layanan Menggunakan ITIL pada PPTI Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Daftar Isi:
- Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi (PPTI) merupakan salah satu bagian di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (Stikom Surabaya). PPTI mempunyai tanggung jawab mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Stikom Surabaya. PPTI memiliki berbagai layanan yang diberikan kepada pengguna. Namun, PPTI belum memiliki katalog layanan. Katalog layanan diperlukan untuk mengendalikan dan mengevaluasi layanan yang diberikan PPTI kepada pengguna. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat rancangan desain layanan untuk memenuhi kebutuhan katalog layanan. Desain layanan tersebut disusun berdasarkan proses Service Design pada kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL v3). Penelitian ini menghasilkan dokumen Service Catalogue Management yang didalamnya meliputi kebijakan layanan, deskripsi layanan, hubungan dengan bisnis dan keberlangsungan layanan TI, hubungan antara bisnis dan technical support, dan hubungan dengan business relantionship. Service catalogue akan berguna sebagai acuan untuk mengendalikan dan mengevaluasi layanan yang diberikan kepada pengguna.