TA Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Dokumen Bahan Baku Pada CV. Zaneti 9 Menggunakan Administrative Workflow System
Daftar Isi:
- CV. Zaneti 9 merupakan perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang jasa pengaspalan jalan, pengecoran jalan dan pembuatan saluran air. Pengelolaan dokumen permintaan penambahan bahan baku pada CV. Zaneti 9 masih menggunakan dokumen kertas. Berdasarkan kondisi administratif saat ini, waktu yang dibutuhkan untuk merekap data permintaan memakan waktu 1-2 hari. Pihak administrasi juga mengalami kendala dalam hal lama waktu persetujuan penambahan bahan baku. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat aplikasi pengelolaan dokumen permintaan penambahan bahan baku menggunakan administrative workflow system. Aplikasi ini menerapkan teori administrative workflow system untuk memastikan alur proses dapat berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu mempercepat proses permintaan penambahan bahan baku dan juga mempercepat proses pembuatan rekap dokumen penambahan bahan baku. Hal ini terlihat pada waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan permintaan penambahan bahan baku sampai selesai dan juga waktu yang dibutuhkan untuk membuat rekap dokumen penambahan bahan baku. Dari total waktu 36 jam menjadi 26 menit setelah menggunakan aplikasi dari penelitian dan aplikasi dapat menghasilkan laporan penambahan bahan baku.