TA Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0
Daftar Isi:
- PT. KAI (Persero) memiliki website resmi yang beralamatkan di www.kereta-api.co.id sebagai salah satu bentuk usaha dalam menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pelanggan. Fasilitas atau layanan yang ada pada website ini antara lain profil perusahaan, layanan produk tentang angkutan penumpang dan barang, berita dan siaran pers, laporan kinerja perusahaan, penghargaan, pengadaan barang dan jasa, rekrutmen hingga pemesanan tiket online. Pada penelitian ini, dilakukan analisis pengaruh kualitas layanan reservasi online pada website PT. KAI (Persero) terhadap kepuasan pengguna berdasarkan persepsi pengguna akhir dan pengunjung situs menggunakan metode webqual 4.0. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner secara online dan offline. Selanjutnya hasil kuesioner akan dianalisis berdasarkan indikator-indikator dari webqual. Hasil data kuesioner kemudian dilakukan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi sebagai syarat uji Regresi Linier. Berdasarkan penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kualitas penggunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi (interaction quality) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan pengaruh sebesar 66,7%, selebihnya (100-66,7%) = 33,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.