LKP Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Keluhan Pelanggan Berbasis Web PHP pada PDAM Surya Sembada Surabaya
Daftar Isi:
- PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia. PDAM merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparataparat eksekutif maupun legislatif daerah. Perusahaan air minum yang dikelola negara secara modern sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda pada tahun 1920an dengan nama Waterleiding sedangkan pada pendudukan Jepang perusahaan air minum dinamai Suido Syo. Pada Divisi HUMAS(Hubungan Masyarakat) di PDAM Surya Sembada Surabaya terdapat permasalahan yang kerap terjadi dalam menerima dan menanggapi keluhan dari masyarakat sehingga keluhan dari masyarakat tidak sampai ke dinas atau pihak yang terkait. Setelah menerapkan sistem ini maka penyampaian keluhan dari masyarakat bisa dikelola dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pemberitahuan ke dinas atau pihak yang terkait dan juga penanganan dari keluhan tersebut.