Daftar Isi:
  • Dreamspark menyediakan software legal milik Microsoft yang dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa, pada tahun 2013-2016 pengunduh software legal Dreamspark sebesar 2,07%. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa Dreamspark belum digunakan secara maksimal. Salah satu metode yang dapat mengukur perilaku pengguna teknologi informasi adalah metode Technology Acceptance Model 3 (TAM 3). TAM 3 membahas tentang hubungan timbal balik dari konstruk (nomological network) penentu mengapa individu mengadopsi dan menggunakan Tekhnologi Informasi (TI). TAM 3 memiliki 17 variabel yang setiap variabel saling terhubung satu sama lainnya. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 responden, responden yang digunakan mencakup semua jurusan pada Stikom Surabaya. Berdasarkan hasil analisis mahasiswa menerima penggunaan aplikasi Dreamspark berdasarkan nilai mean pada analisis deskriptif sebesar 2,2852, sehingga dapat dikatakan mahasiswa dapat menerima aplikasi Dreamspark dalam menunjang perkuliahan. Faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap penerimaan aplikasi yaitu, Objective Usability berpengaruh positif terhadap Perceived Ease of Use dengan nilai sebesar 0,141, Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Behavioral Intention dengan nilai sebesar 0,267, Behavioral Intention berpengaruh positif terhadap Use Behavioral dengan nilai sebesar 0,740.