Daftar Isi:
  • Tujuan dari desain buku Damar Kurung Gresik adalah untuk mengenalkan kebudayaan kabupaten Gresik. Penelitian lebih lanjut dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang melakukan wawancara, observasi, dan literatur untuk memperoleh data yang digunakan untuk mendukung pembuatan konsep desain buku Damar Kurung Gresik. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah menganalisa data, ditemukan sebuah konsep desain atau kata kunci “Youthful”. Deskripsi “Youthful” adalah awet atau tetap memiliki semangat muda. Konsep “Youthful” bertujuan untuk menunjukkan bahwa Gresik adalah daerah yang memiliki masyarakat yang memiliki semangat muda. Artinya, konsep yang benar-benar disajikan untuk menanamkan persepsi masyarakat bahwa masyarakat Gresik hingga tua tetap memiliki semangat muda. Hasil dari perancangan buku Damar Kurung adalah untuk mengenalkan kebudayaan kabupaten Gresik sehingga anak-anak dan remaja dapat mengenal dan meneruskan kebudayaan khas kabupaten Gresik