Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai adalah perancangan game sejarah Mbah Bungkul genre side scrolling berjudul "The Journey Of Bungkul". Hal ini dilatar belakangi oleh peninggalan makam Mbah Bungkul di taman Bungkul yang memiliki cerita dengan versi yang berbeda-beda dari beberapa sumber masyarakat yang mana kejadian ini dulu pernah ada. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif. Pengumpulan data melalui pustaka, wawancara dan observasi. Pengumpulan data meliputi data side scroll dan data mengenai sejarah Mbah Bungkul. Keyword setiap data dari dianalisa. Keyword yang memiliki kesaamaan diantara metode pustaka, wawancara dan observasi digunakan sebagai acuan pencarian keyword. Berbagai keyword yang didapat dari analisa data disimpulkan menjadi satu keyword yang menjadi kunci pembuatan karya. Keyword yang didapat adalah kata modern heritage. Dalam pembuatan game bergenre side scroll dapat memberikan informasi tentang sejarah Mbah Bungkul kepada pemain dengan cara yang menyenangkan. Game Genre side scroll yang digunakan juga dapat mengurangi dampak negatif dari game namun tidak mengurangi sisi positif bermain game karena gameplay sederhana, mudah dipahami dan terdapat batasan kesempatan bermain. Dengan dibuatnya game ini diharapkan dapat menciptakan suatu media yang dapat memberikan informasi tentang sejarah Mbah Bungkul dengan cara yang menyenangkan.