Daftar Isi:
  • Madrasah Aliyah (MA) Tarbiyatut Tholabah menyediakan fasilitas perpustakaan. Kondisi perpustakaan saat ini, jam berkunjung siswa terbatas. Untuk meminjam buku siswa harus mencari koleksi yang akan dipinjam pada rak, menyebabkan peminjaman koleksi ramai diahir jam istirahat. Sehingga petugas kesulitan melayani anggota dan berakibat pada keterlambatan siswa masuk kelas. Permasalahan kedua petugas kesulitan untuk melakukan pengecekan keterlambatan pengembalian buku hal ini mengakibatkan pemberian informasi keterlambatan pengembalian buku kepada anggota hanya dilakukan 2 kali dalam 1 semester dan berakibat anggota terkena denda yang banyak. Permasalahan ketiga pegugas membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk membuat laporan ketika ada akreditasi sekolah atau membuat laporan persemester. Hal ini mengakibatkan tugas harian petugas menjadi tertunda. Berdasarkan permasalahan ini, maka dibangun aplikasi perpustakaan pada MA Tarbiyatut Tholabah untuk membantu anggota mencari buku, memesan buku, mengatasi masalah pengecekan keterlambatan koleksi, dan membuat laporan-laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi perpustakaan ini dapat membantu anggota dalam memberikan informasi keterlambatan peminjaman, pencarian buku dan dapat memesan buku. Selain itu aplikasi juga dapat membantu petugas perpustakaan dalam membuat laporan-laporan, dan mengecek keterlambatan pengembalian buku