Daftar Isi:
  • Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat di Kota Surabaya. Dalam proses bisnisnya, PDPS memiliki keterkaitan dengan proses administrasi kepegawaian. Proses pengelolaan dokumen administrasi kepegawaian terbagi menjadi enam proses. Dalam proses-proses tersebut, saat ini mengalami kesulitan dalam mengelola dokumen. Hal ini disebabkan karena proses pengiriman, penerimaan, penyimpanan, persetujuan, dan pencarian dokumen yang dilakukan secara manual. Hal tersebut menyebabkan proses pengirimanan, pencarian, dan penyimpanan dokumen menjadi lama, kesulitan dalam pemberian keterangan tambahan, keamanan, dan pengaturan hak akses dokumen. Rancang bangun aplikasi Document Management System pada bagian kepegawaian merupakan aplikasi yang dibutuhkan dalam membantu pengelolaan dokumen administrasi kepegawaian. Dengan menerapkan komponen DMS, pengelolaan dokumen administrasi kepegawaian dapat menanggani proses pengiriman, penerimaan, pendistribusian, pencarian, penyimpanan, pemberian keterangan tambahan, keamanan, dan pengaturan hak akses dokumen. Setelah diuji coba, aplikasi Document Management System pada PD. Pasar Surya dapat mengelola dokumen secara elektronik. Pengeloaannya mulai dari pengiriman, penerimaan, penyimpanan, dan pencarian dokumen dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu pemberian keterangan tambahan, keamanan, dan pengaturan hak akses dokumen dapat dilakukan secara penuh.