Daftar Isi:
  • Hotel 88 merupakan bagian dari PT. Waringin Hospitality yang berpusat di Jakarta. Hotel 88 memiliki website beralamat di www.hotel88.co.id dengan peringkat website yang masih di bawah peringkat hotel pesaing, sehingga ingin meningkatkan kualitas website yang ada agar pengunjung semakin puas dan banyak yang melakukan reservasi melalui website. Namun sejauh ini pihak Hotel 88 belum mengetahui kekurangan website sehingga Hotel 88 membutuhkan bahan evaluasi agar kualitas dan kepuasan pengguna website meningkat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat sebuah penelitian dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas website terhadap terhadap kepuasan pengguna website Hotel 88 berdasarkan metode webqual 4.0. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online maupun kertas kepada pengunjung website. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Kualitas website terdiri atas kualitas penggunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas penggunaan berpengaruh signifikan maka pengelola web harus memperbaiki tampilan sesuai fungsi, (2) kualitas informasi berpengaruh signifikan maka harus memberi informasi up to date, dan (3) kualitas interaksi berpengaruh signifikan maka harus menjamin keamanan bertransaksi. Jadi jika kualitas penggunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi di tingkatkan maka kepuasan pengguna website meningkat.