Daftar Isi:
  • New Cahaya Hotel adalah perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan. Sebagai perusahaan yang berbasis pada jasa, kualitas pelayanan merupakan hal yang paling diutamakan dalam perusahaan. Khususnya dalam pelayanan administrasi, New Cahaya Hotel sering mengalami ketidaktepatan dalam pencatatan administrasinya, serta lamanya proses penanganan administrasi, membuat turunnya kualitas pelayanan. Selain itu, proses pelaporan yang saat ini dilakukan juga kurang maksimal dalam pemanfaatan data yang diperoleh dari prosese administrasi. Melalui hasil analisis, diketahui bahwa proses administrasi hotel tersebut saat ini masih menggunakan pencatatan manual yang tidak terpusat dan tidak terhubung, sehingga membuat petugas sering terhambat dalam melakukan proses administrasi. Dari analisis terhadap permasalahan yang ada, maka dibutuhkan sistem informasi administrasi perhotelan yang dibangun berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil uji coba dan evaluasi dengan pihak hotel, sistem informasi yang telah dibangun dapat menunjukkan kesesuaian dengan kebutuhan fungsional dari pengguna. Kebutuhan fungsional tersebut meliputi administrasi reservasi, administrasi guest folio, administrasi penjualan food & beverage, administrasi rooms maintenance, monthly revenue reporting, dan managerial reporting. Dari uji coba performance terhadap tiap fungsinya, sistem yang dibangun mampu meningkatkan efisiensi waktu sebesar 98%.