TA Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Surat Berbasis Web Pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya
Daftar Isi:
- Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana otonomi daerah, yang menyelenggarakan sebagian urusan Pemerintahan Daerah dibidang Perhubungan, Dinas Perhubungan memiliki sub Bidang, salah satunya ialah Sekretaris, Sekretaris memiliki tugas pokok di antaranya ialah Tata Kelola Surat. Sekretaris mengalami Kesulitan dalam Pendistribusian surat, pencatatan surat penyimpanan surat (pengarsipan). Selama ini proses pengarsipan dilakukan dengan baik. Namun untuk proses maintenance terhadap arsip surat tersebut masih belum dapat terlaksana dan mengalami beberapa kesulitan. Kesulitan proses pencarian surat, mempengaruhi dengan proses penyusutan surat yang seharusnya dilakukan oleh bidang Kesekertariatan. Berdasarkan Permasalahan diatas, maka perlu adanya aplikasi manajemen surat berbasis web pada dinas perhubungan kota surabaya yang dikelola oleh bagian sekretaris mulai dari penerimaan surat masuk, disposisi sampai mengirimkan surat keluar. Setelah diuji coba, aplikasi manajemen surat berbasis web pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya dapat mengelola surat tepat waktu sesuai ketiga fungsi yang ada yaitu 1) Menangani administrasi surat yang masuk dari internal maupun eksternal, 2) Menjalankan administrasi surat keluar internal dan eksternal, 3) Melakukan pengiriman surat.