Daftar Isi:
  • Di jaman yang semakin modern yang mengandalkan kecepatan, pelayanan yang cepat dan memuaskan sangat dibutuhkan khususnya dalam bidang jasa. Pelayanan merupakan hal yang harus diperhatikan dan ditingkatkan oleh sebuah hotel untuk menarik konsumen sehingga dapat bersaing dengan hotel lain untuk meningkatkan tingkat hunian kamar. Pelayanan yang kurang cepat akan memberikan kesan negatif terhadap konsumen. Untuk itu, maka diperlukan sistem yang dapat mengatasi permasalahan yang ada pada hotel. Sistem informasi pelayanan tersebut harus dapat menangani masalah pada bagian front office agar dapat cepat memberikan informasi ke departemen lain untuk kebutuhan pelayanan, sehingga proses bisnis dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak pelayanan yang baik kepada konsumen. Rancang bangun sistem informasi pelayanan pada Hotel Pondok Asri Surabaya dapat memberikan informasi meliputi status kamar, pencatatan tagihan tamu, informasi kedatangan tamu, informasi tamu yang sedang menginap, serta informasi tamu yang akan meniggalkan hotel. Rancang bangun sistem informasi pelayanan ini juga mampu melayani proses reservasi, pembatalan reservasi, check in, dan check out dari tamu yang akan datang pada Hotel Pondok Asri Surabaya.