Daftar Isi:
  • Melihat semakin berkembangnya jumlah pelanggan PLN dari tahun ke tahun, maka perlu adanya upaya untuk merespon keluhan-keluhan pelanggan dengan cepat, dalam meningkatkan mutu layanan. Dengan adanya teknologi internet dan SMS maka dapat di bangun sebuah sistem informasi terpadu untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam menyampaikan pengaduan dan memantau gangguan yang terjadi di pelanggan, sehingga diharapkan informasi gangguan dapat segera diperoleh dan dilakukan penanganan. Pengaduan gangguan dari pelanggan saat ini diterima dan dicatat pada buku piket oleh petugas piket melalui telepon lokal atau agent melalui Call Center 123 dan informasi tersebut diteruskan ke seluruh unit pelayanan dengan cara broadcast melalui radio HT, belum memanfaatkan komunikasi data. Dengan demikian manajemen gangguan sulit dilakukan dengan baik, karena tidak adanya informasi setiap tahapan penanganan gangguan yang dilakukan secara terus menerus, pemantauan kinerja jaringan, kinerja penanganan gangguan sulit di monitor secara real time dan konsolidasi laporan dari unit-unit tidak dapat disajikan dengan cepat dan akurat. Sistem Informasi Penanganan Gangguan Terpadu (SIPGT) adalah sistem informasi yang berfungsi untuk memantau gangguan dan penanganannya. Sistem ini memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam menyampaikan pengaduan dengan menggunakan fasilitas SMS (Short Message Service), dengan adanya fasilitas tersebut maka informasi gangguan dari pelanggan dapat disampaikan langsung ke petugas lapangan dengan cepat. Dibandingkan dengan sistem yang ada selama ini SIPGT mampu memberikan respon pengaduan gangguan kepada petugas lapangan dengan cepat, yaitu dengan rata-rata waktu respon 4 detik. Sistem ini juga mencatat kapan gangguan terjadi dan kapan gangguan tersebut diselesaikan serta memberikan data atau laporan mengenai jumlah gangguan dan rata-rata lama gangguan sehingga mampu dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan.