Daftar Isi:
  • Kualitas dan kontinuitas merupakan salah satu permasalahan utama dalam pendistribusian daya listrik. Dalam hal ini kontinuitas berhubungan dengan gangguan/pemadaman daya listrik, dengan terjadinya gangguan/pemadaman pada setiap jaringan listrik akan menurunkan tingkat kehandalan dalam jasa pelayanan kepada masyarakat, sedangkan antara lama kerusakan dan lama perbaikan juga akan menentukan kualitas harga ketersediaan suplai daya listrik. Dengan menganalisa setiap gangguan yang terjadi diharapkan dapat memperkecil akibat yang ditimbulkan dari gangguan tersebut, yang bertujuan untuk dapat meningkatkan citra PLN dimata masyarakat pada saat ini dan masa akan datang. Dengan menggunakan perhitungan SAIFI (Sistem Average Interruption Frequency Index), SAIDI (Sistem Average Interruption Duration Index), LAIDI (Customer Average Interruption Duration), ASAI (Average Service Availibility Index) diharapkan dapat memperbaiki indek kehandalan pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, dapat diketahui dimana fokus perbaikkan yang dapat memperbaiki nilai indek kehandalan pelayanan. Dengan menentukan nilai standar pelayanan dapat membantu untuk meningkatkan indek kehandalan.