Tinjauan Dasar Desain User Experience dalam Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Main Authors: Sagirani, Tri, Nugroho, Lukito Edi, Santosa, Paulus Insap, Kumara, Amitya
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kristen Maranatha , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1444/1/DISC2015-trisagirani-tinjauan%20dasar%20desain%20ux.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1444/
http://disc.maranatha.edu/
Daftar Isi:
  • Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kini telah menjadi bagian penting dalam segala aspek kehidupan sebagai alat bantu dalam mempermudah penyelesaian sebuah aktifitas yang dilakukan manusia, tanpa terkecuali juga dalam aspek pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan kognitif. TIK mampu memfasilitasi akuisisi dan penyerapan pengetahuan juga memberikan kesempatan yang luar biasa dalam peningkatan sistem pendidikan pada sekolah luar biasa. Anak berkebutuhan khusus (ABK) mendapatkan dukungan dalam proses belajar dengan berbantuan TIK. Proses belajar dengan memperhatikan kebutuhan khusus yang ABK miliki menjadikan pembelajaran lebih efisien dan efektif. TIK membantu seorang ABK dalam proses membaca, menulis, mendengar serta melihat. Namun demikian pemanfaatan TIK dalam pembelajaran bagi ABK harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, dalam penggunaan teks untuk belajar membaca, media pembelajaran selalu diikuti dengan audio dan visualisasi berupa gambar, animasi ataupun video untuk mempermudah proses penyerapan informasi. Pemanfataan kata atau kalimat ditampilkan dalam bentuk yang paling sederhana dan digunakan secara berulang, dan ditulis dengan jenis teks yang simple, mudah dibaca dan ukuran yang lebih besar dari yang biasa digunakan untuk anak normal. Penelitian ini akan menyampaikan konsep-konsep sederhana yang perlu diperhatikan bagi guru ataupun pengembang media pembelajaran dengan harapan produk yang mereka hasilkan dalam bentuk media pembelajaran memiliki perhatian terhadap konten, penyajian, fungsionalitas dan interaksi ABK dengan media pembelajaran. Dengan memperhatikan beberapa hal dasar ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman ABK dalam proses akuisisi dan penyerapan pengetahuan sebagai bekal hidup mandiri ketika mereka dewasa.