Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Terapi Autisme pada Sekolah Inklusi

Main Authors: Amelia, Tan, Sunarto, M.J. Dewiyani, Soebijono, Tony
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kristen Maranatha , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1435/1/DISC_Sistem_Informasi_Monitoring_Perkembangan_Terapi_Autisme_Pada_Sekolah_Inklusi.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1435/
http://disc.maranatha.edu/
Daftar Isi:
  • Seorang anak autisme memiliki gangguan sehingga terjadi keterlambatan usia mental dengan usia kronologinya. Salah satu hal terpenting dalam proses penyembuhan anak autisme adalah dengan sebuah terapi yang rutin dan dalam kurun waktu yang lama. Terapi yang selama ini sering digunakan pada sekolah inklusi adalah terapi perilaku dengan menggunakan metode Applied Behaviour Analysis (ABA). Dengan metode ini, seorang pendidik dalam melakukan proses terapi anak autis yang berusia 2 sampai 3 tahun memerlukan 2,5 sampai 3 tahun pencatatan. Pencatatan harus dilakukan dengan tertib, karena tanpa pencatatan yang tertib, akan terjadi banyak kelupaan, baik program terapi maupun hasil terapinya. Dari pencatatan yang didapat, maka pendidik dapat merencanakan materi untuk program terapi berikutnya bagi anak didiknya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat suatu sistem informasi yang dapat membantu pihak sekolah dalam menyusun penjadwalan guru, menyusun program terapi, melakukan penilaian harian dan maintenance, dan menghasilkan laporan-laporan yang dibutuhkan dalam proses terapi agar memudahkan dalam memonitor perkembangan anak.