Daftar Isi:
  • Proses distribusi produk ke setiap gerai penjual Coca Cola yang dilakukan oleh PT. Coca Cola Amatil Surabaya saat ini adalah dengan cara melakukan pengecekan dan penambahan produk setiap satu minggu sekali. Petugas distribusi sering membawa kembali muatan ke distributor karena jumlah yang dibawa melebihi kebutuhan dan jenis barang yang ditawarkan tidak sesuai dengan keinginan pemilik gerai. Selain itu juga akan timbul masalah berupa pemilihan jalur yang tidak efektif oleh petugas distribusi. Dari permasalahan tersebut dibuat aplikasi distribusi produk Coca Cola berbasis web dengan rute terdekat yang harus ditempuh dan jumlah barang yang harus didistribusikan oleh setiap petugas pengiriman. Penentuan jumlah barang yang didistribusikan ke setiap toko diperoleh dari data rata – rata penjualan setiap toko. Dan untuk penentuan rute distribusi dihitung menggunakan metode CIH (Cheapest Insertion Heuristic) yang divisualisasikan pada GIS (Geographic Information System). Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, maka aplikasi distribusi produk Coca Cola dapat digunakan petugas pengiriman dalam menentukan rute yang harus dipilih, dan memudahkan admin dan manajer memantau proses distribusi dan transaksi. Aplikasi yang dibangun juga dapat meminimalisir penggunaan biaya untuk proses pendistribusian ke setiap toko. Efisiensi sistem ini ditentukan dengan adanya rute jalur terdekat dan jumlah muatan yang sesuai kebutuhan setiap toko.