Daftar Isi:
  • Telkom MSC (Maintenance Service Center) merupakan salah satu divisi dari PT. Telekomunkasi Indonesia, Tbk yang fungsi utamanya yaitu melakukan infrastructure maintenance management perangkat telekomunikasi yang dimiliki oleh Telkom. Selama ini proses maintenance dan repair yang dilakukan pada PT. Telkom MSC Area V Jawa Timur hanya sebatas mengacu pada standard kerja yang telah ditetapkan oleh manajemen, sehingga terdapat beberapa aktivitas pada maintenance dan repair yang dapat menimbulkan kendala. Permasalahan yang dihadapi oleh PT. Telkom MSC Area V Jawa Timur ini adalah belum memiliki standard mengenai proses apa yang harus dilakukan ketika atau sebelum terjadi kendala pada proses maintenance dan repair itu sendiri, hanya sebatas melakukan rapat koordinasi terkait kendala yang sedang/telah terjadi agar tidak terulang di masa datang. Framework ITIL-V3 digunakan sebagai acuan untuk menyusun pola kerja yang terstruktur. Sehingga dengan adanya standard ini nantinya dapat memberikan arahan kerja yang jelas ketika atau sebelum terjadi kendala pada proses maintenance dan repair.Serta dapat memberikan rekomendasi perbaikan berupa Standard Operating Procedure (SOP), Instruksi Kerja (IK) dan Rekaman Kerja (RK) berdasarkan framework yang berkaitan dengan IT Continuity Management.