Pemodelan 3D Tengkorak Manusia Menggunakan Teknik Mapping dan Boolean Compound Object

Main Author: Rahmawati, Endra
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , 2013
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1036/1/08-SNFT.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1036/
Daftar Isi:
  • Dunia grafis tiga dimensi telah mengalami kemajuan yang pesat dalam berbagai bidang, diantaranya bidang industri, arsitekur, pendidikan, kedokteran, dsb. Hal ini dapat dilihat dari sisi pemodelan dengan kompleksitas model dan material. Seiring dengan kemajuan pembuatan model 3D, teknologi multimedia juga berkembang lebih jauh menuju pemanfaatan kemampuan interaktif sebagai media atau sarana pertukaran informasi yang telah menjanjikan potensi besar dalam mengubah cara seseorang untuk belajar, memperoleh dan menyesuaikan informasi. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak perkembangan teknologi multimedia tersebut adalah bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, khususnya bidang anatomi dibutuhkan sebuah bentuk pemodelan yang dapat melakukan visualisasi model organ tubuh manusia dalam bentuk tiga dimensi, dalam hal ini difokuskan pada model tengkorak manusia. Pemodelan 3D tengkorak manusia ini dipilih karena memiliki kompleksitas struktur yang tinggi dibandingkan tulang – tulang yang lain. Melalui penelitian ini, akan dibahas 3 tahapan Pemodelan 3D Tengkorak Manusia Menggunakan Teknik Mapping dan Boolean Compound Object. Tahapan pertama adalah melakukan proses mapping gambar tengkorak dua dimensi. Hasil dari proses mapping ini berupa gabungan line dari beberapa curve verteks. Tahapan kedua adalah proses pemberian ketebalan menggunakan Modifier Extrude. Hasil modifier extrude berupa penambahan ketebahan berbentuk balok solid dari curve verteks hasil mapping. Sedangkan tahap ketiga adalah proses pembentukan objek 3D tengkorak menggunakan Boolean Compound Objek. Compund Objek merupakan proses pemotongan balok solid menjadi bentuk yg menyerupai lingkaran bola, sehingga pada tahap ini sudah dapat menghasilkan bentuk tengkorak manusia secara utuh. Hasil Pemodelan 3D Tengkorak Manusia ini dapat digunakan sebagai bahan visualisasi pada aplikasi multimedia interaktif dengan tujuan pembelajaran anatomi tubuh manusia.