DAMPAK SERTIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGODIK GURU (STUDI PEMETAAN (PK) GPAI ON-LINE TINGKAT SMA/SMK WILAYAH SERANG TIMUR

Main Author: Riyadi, Toton; STAI Assalamiyah Serang
Other Authors: LPPM STAI La Tansa Mashiro
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: STAI La Tansa Mashiro , 2020
Online Access: https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAD/article/view/539
https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAD/article/view/539/487
Daftar Isi:
  • Sertifikasi merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan profesionalismeguru. Artinya jika kompetensi guru baik maka kinerja guru juga akan baik.Sertifikasi tidak boleh dijadikan ajang peningkatan ekonomi, tetapi ajang untukmeningkatkan kompetensi profesional dalam mengajar. Sehingga gurubersertifikat adalah guru yang profesional dalam mendidik siswanya.Permasalahan penelitian ini adalah dampak sertifikasi guru PAI SMA / SMKterhadap kompetensi pedagogik (kajian nilai PK Online). Oleh karena itupenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sertifikasi terhadap pedagogikguru SMA di Wilayah Serang Timur, yang meliputi Pedagogis 1 (pembelajaranmenyakitkan), Pedagogis 2 (model pembelajaran), dan Pedagogis 3 (penilaianpembelajaran). adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian iniadalah guru bersertifikat di Wilayah Serang Timur dan datanya digunakanmelalui dokumentasi data. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwapelaksanaan sertifikasi diikuti oleh guru bersertifikat di wilayah Serang Timuryang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Guru yang telahtersertifikasi baik PNS maupun non PNS yang telah diterima Kementerian Agamadan Kementerian Pendidikan di Wilayah Serang Timur sebanyak 219 orang.Kinerja guru sebelum sertifikasi tidak dapat diukur. Setelah kegiatan pemetaankompetensi guru PAI, terlihat kompetensi guru PAI dan Budi Pekerti di WilayahSerang Timur.