CATER FOR PROPER ENGLISH PRONUNCIATION IN THE PRIMARY SCHOOL LEVEL: PUT TO USE ARABIC CONSONANTS

Main Authors: Gusdian, M.A, Rosalin Ismayoeng, Lestiono, Riski
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Malang , 2021
Online Access: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/9984
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/9984/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana bunyi konsonan Hijaiyah diperkenalkan dalam pengajaran pronunciation di kelas Bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah dua guru Bahasa Inggris dari Sekolah Dasar Islam di Malang; kedua guru tersebut masing-masing mengajar kelas satu dan dua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian ditranskripsi, ditinjau, dan dieksplorasi dengan cermat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada tiga teknik yang digunakan dalam pembelajaran pronunciation, yaitu drilling, sound imitation, dan tes. Selain itu, masing-masing teknik diintegrasikan ke dalam kegiatan EYL, melalui: menyanyikan lagu, mendongeng, dan permainan.