Analisis makna, pesan, dan retorika dalam iklan Kitabisa.com

Main Authors: Yulika, Ni Luh Eka Candra, Budiarta, I Wayan, Susanthi, I Gusti Ayu Agung Dian
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Malang , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/21340
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/21340/11515
Daftar Isi:
  • Berdonasi merupakan kegiatan yang sudah dikenal masyarakat sejak berpuluh tahun lalu. Kitabisa.com merupakan salah satu platform donasi yang dikenal luas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna, pesan, tanda, dan jenis retorika pada iklan Kitabisa.com. Pendekatan kualitatif dan teknik analisis deskriptif menggunakan metode simak dan teknik catat dalam pengumpulan data. Sumber data penelitian ini diambil dari website resmi Kitabisa.com yaitu www.Kitabisa.com. Data yang digunakan adalah lima belas data iklan dari masing-masing lima belas kategori donasi dan dipublikasi pada tahun 2021. Penelitian ini menemukan pemetaan yang khas dari segi makna, pesan, tanda, dan jenis retorika dalam iklan Kitabisa.com. Pertama, tanda dapat ditemukan baik pada gambar maupun bahasa yang digunakan dalam iklan yang menyiratkan suatu makna. Kedua, makna denotasi dalam iklan Kitabisa.com merupakan makna ajakan untuk berdonasi, sedangkan makna konotasi dalam iklan Kitabisa.com merupakan makna tersirat dan tidak langsung. Menilik dari segi pesan dan tanda ditemukan bahwa mitos memiliki kaitan yang erat dengan masyarakat karena lahir di dalam masyarakat itu sendiri. Ketiga, dari lima belas jenis teori retorika yang digunakan dalam penelitian ini ditemukan penggunaan sembilan jenis retorika pada lima belas data iklan yaitu (1) homonym pada empat iklan (2) rhetorical question, rhyme, dan parison, ditemukan pada dua iklan (3) anaphora, hyperbole, antanaclasis, alliteration, dan anadiplosis pada satu iklan. Hasil penelitian dapat berkontribusi pada pola penyajian makna, pesan, tanda, dan jenis retorika untuk meningkatkan kepedulian sosial, sehingga tujuan iklan untuk mengajak berdonasi dapat efektif dan mencapai sasaran yang diinginkan. Penerapan diksi bersifat persuasif menjadi nilai lebih yang menimbulkan niat orang untuk berdonasi.