PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN KARTU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN GAYA BELAJAR SISWA
Main Author: | Desstya, Anatri; Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Other Authors: | Pascasarjana UNS |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
PASCASARJANA UNS
, 2012
|
Online Access: |
http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ink/article/view/145 http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ink/article/view/145/135 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi dan kartu pada metode pembelajaran TGT, kemampuan memori, gaya belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini sampel dipilih secara acak (cluster random sampling), yaitu kelas XI TKR D diberi pembelajaran metode TGT menggunakan media kartu dan kelas XI TKR E menggunakan media animasi. Uji hipotesis menggunakan uji nonparametrik (Kruskal-Wallis). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1). ada pengaruh pembelajaran metode TGT menggunakan media animasi dan kartu terhadap prestasi kognitif siswa, 2). ada pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi kognitif siswa, 3). tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi kognitif siswa, 4). ada interaksi antara pembelajaran metode TGT menggunakan media animasi dan kartu dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi kognitif siswa, 5). tidak ada interaksi antara pembelajaran metode TGT menggunakan media animasi dan kartu dengan gaya belajar terhadap prestasi kognitif siswa, 6). tidak ada interaksi antara kemampuan memori dengan gaya belajar terhadap prestasi kognitif siswa, 7). tidak ada interaksi antara pembelajaran metode TGT menggunakan media animasi dan kartu dengan kemampuan memori dan gaya belajar terhadap prestasi kognitif siswa, serta tidak ada pengaruh pembelajaran kimia metode TGT menggunakan media animasi dan kartu, kemampuan memori, gaya belajar dan interaksinya terhadap prestasi belajar afektif siswa. Kata Kunci : prestasi belajar, eksperimen, uji non parametrik, redoks