PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN METODE PROBLEM POSING DAN PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN KREATIVITAS

Main Author: Ruwaidah, Titik; Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
Other Authors: Pascasarjana UNS
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: PASCASARJANA UNS , 2012
Online Access: http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ink/article/view/122
http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ink/article/view/122/113
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem posing dan pemberian tugas, kemampuan berpikir analisis, kreativitas, dan interaksinya terhadap prestasi belajar stoikiometri. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes untuk prestasi kognitif siswa, kemampuan berpikir analisis dan kreativitas, angket untuk prestasi afektif siswa, hipotesis diuji dengan uji non parametrik Kruskal Wallis. Dari hasil analisis data disimpulkan: 1) tidak ada pengaruh pembelajaran dengan metode problem posing dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar kimia, 2) ada pengaruh tingkat kemampuan berpikir analisis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kimia, 3) ada pengaruh tingkat kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kimia, 4) ada interaksi antara pembelajaran dengan metode problem posing, pemberian tugas dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar kimia, 5) ada interaksi antara pembelajaran dengan metode problem posing, pemberian tugas dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kimia, 6) ada interaksi antara kemampuan berpikir analisis dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kimia, 7) ada interaksi antara pembelajaran dengan metode problem posing, pemberian tugas, kemampuan berpikir analisis, dan kreativitas terhadap prestasi belajar kimia. Kata kunci : prestasi belajar, metode eksperimen, stoikiometri