PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN SIKLUS BELAJAR 5E DAN INKUIRI BEBAS DIMODIFIKASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN KREATIVITAS SISWA

Main Author: Susanti, Rini; Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
Other Authors: Pascasarjana UNS
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: PASCASARJANA UNS , 2012
Online Access: http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ink/article/view/120
http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ink/article/view/120/111
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan siklus belajar 5E, inkuiri bebas dimodifikasi, kemampuan berpikir analisis, kreativitas, dan interaksinya terhadap prestasi belajar ranah kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan dari bulan November 2011- Mei 2012. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPA SMA N 3 Madiun tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari empat kelas. Kelas XII IPA1 dan XII IPA 4 diberi pembelajaran siklus belajar 5E dan kelas XII IPA 2 dan XII IPA 3 diberi pembelajaran inkuri bebas dimodifikasi. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk prestasi belajar kognitif, kemampuan berpikir analisis, dan kreativitas, angket untuk prestasi afektif, dan lembar observasi untuk psikomotor siswa. Hipotesis diuji menggunakan Anava. Dari hasil analisis data disimpulkan: 1) tidak ada pengaruh pembelajaran siklus belajar 5E dan inkuiri bebas dimodifikasi terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 2) ada pengaruh kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 3) ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 4) tidak ada interaksi antara pembelajaran siklus belajar 5E dan inkuiri bebas dimodifikasi dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 5) ada interaksi antara pembelajaran siklus belajar 5E dan inkuiri bebas dimodifikasi dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 6) ada interaksi antara kemampuan berpikir analisis dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 7) tidak ada interaksi antara pembelajaran siklus belajar 5E dan inkuiri bebas dimodifikasi, kemampuan berpikir analisis, dengan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci : prestasi belajar, metode eksperimen, elektrolisis